Mencari Modal Usaha

Bagaimana Cara Mencari Modal untuk Usaha Kecil?

Pada saat Anda ingin mempunyai usaha sendiri, hal yang pertama kali menjadi masalah adalah bagaimana caranya Anda mendapatkan modal usaha yang cukup. Dalam setiap usaha, baik itu kecil maupun besar, modal merupakan faktor yang terpenting agar usaha tersebut dapat terbuka dan berjalan dengan lancar.

Jika Anda tidak mencari modal usaha, maka semua rencana usaha Anda pasti tidak akan bisa terwujud dan hanya akan menjadi angan-angan saja. Besar atau tidaknya modal yang harus Anda punya tentu saja akan sangat bergantung dari jenis usaha yang Anda pilih.

Jika usaha yang ingin Anda buka adalah toko sembako atau toko baku, tentu saja modal yang Anda butuhkan akan jauh lebih besar daripada jika Anda berjualan gorengan ataupun pulsa tanpa menggunakan konter.

Namun untuk sekarang, mencari modal usaha tidak sesusah beberapa tahun lalu. Zaman dulu untuk mendapatkan modal usaha masih menggunakan cara konvensional seperti meminjam uang di bank.

Sekarang sudah banyak cara untuk mendapatkan modal dengan lebihb kreatif. Berikut ini kami berikan beberapa cara untuk mendapatan modal untuk usaha kecil yang tidak ribet.

5 Cara Mencari Modal Usaha

1. Pinjam dari bank dengan Jaminan

Cara yang satu ini memang paling konvensional dan paling umum. Namun meminjam uang dari bank adalah cara yang termudah. Ada beberapa program pinjaman di bank bernama KMG atau Kredit Multi Guna. Jenis pinjmanan ini akan memberikan Anda pinjaman dimana Anad memberikan jaminan kepada bank seperti kendaraan bermotor atau aset properti. Bunga yang ditawarkan oleh tiap bank pasti berbeda-beda, namun rata-rata adalah 9 hingga 12 persen dengan tenor yang juga berbeda-beda pula mulai dari 5 sampai 20 tahun. Jumlah pinjaman juga akan memengaruhi besaran bunga dan panjang tenor.

2. Menggunakan tabungan pribadi

Untuk yang stau ini mungkin tidak semua orang bisa melakukannya. Namun, jika Anda mempunyai tabungan yang cukup, maka Anda bisa menggunakan tabungan sebagai modal usaha Anda. Biasanya orang yang menggunakan tabungan pribadi untuk dijadikan sebagai modal usaha adalah orang yang tidak suka untuk meminjam uang ke bank karena bunganya yang terlalu tinggi. Dengan menggunakan tabungan pribadi, maka hal ini akan jauh lebih aman karena Anda tidak punya risiko hutang.

3. Pinjam dari bank tanpa Agunan

Mencari modal usaha selanjutnya juga bisa ke bank lagi namun kali ini gunakanlah fasilitas KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Jadi, dengan fasilitas ini maka Anda bisa pinjam uang ke bank tanpa jaminan. Biasanya ini merupakan hal yang disukai oleh para pencari modal atau bagi mereka yang sedang membutuhkan uang mendadak. Anda bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa memberikan jaminan apapun. Namun KTA mempunyai bunga yang lebih besar daripada KMG yaitu mulai dari 10 hingga 23 persen.

4. Menjual Aset

Jika Anda mempunyai aset seperti emas, properti, kendaraan bermotor, maupun aset lain yang menguntungkan, ada baiknya jika Anda menjual aset sebagai modal usaha. Jika usaha Anda tidak berhasil, tentu Anda bisa membeli aset yang sudah Anda jual dengan aset yang lebih banyak dan lebih bagus. Cara ini juga bisa digunakan untuk menghindari utang bank.

5. Pinjam dari keluarga atau teman

Cara mencari modal usaha yang terakhir adalah dengan meminjma uang ke keluarga atau teman Anda. Meminjam uang dari mereka tidak akan bisa sebanyak Anda meminjam ke bank, namun setidaknya pinjaman tersebut tidak ada bunga atau anda bisa langsung melakukan pinjaman online.

Itu dia 5 cara untuk mendapatkan modal usaha. Selamat mencoba.

1 reply

Comments are closed.