Pinjaman Pribadi Bank dan Non Bank

Pinjaman Pribadi Bank dan Non Bank Untuk Mahasiswa

Mahasiswa yang membutuhkan dana bisa mengajukan pinjaman pribadi bank dan non bank. Sekarang ini sudah banyak lembaga non bank yang turut menawarkan produk pinjaman dana tanpa agunan.

Mahasiswa tentu bisa memanfaatkan layanan ini untuk memenuhi keperluannya terutama saat mereka butuh pinjaman dana bank maupun non bank. Dalam situasi tertentu memang seorang mahasiswa dapat membutuhkan pinjaman dana, misalkan untuk pendanaan biaya kuliah atau biaya lain yang masih terkait pembiayaan kegiatan belajar mengajar di bangku kuliah.

Terutama bagi mahasiswa yang kuliah di luar kota dan hanya mengandalkan uang bulanan dari orangtua. Di akhir bulan saat uang saku telah menipis, saat itulah mahasiswa butuh tambahan dana segar.

Berikut adalah beberapa kondisi di mana mahasiswa membutuhkan pinjaman pribadi non bank:

  1. Pembayaran biaya kuliah yang mendesak serta harus dilakukan dalam waktu secepatnya. Kadang ada beberapa alasan yang membuat mahasiswa tak dapat membayar biaya kuliah secara tepat waktu karena berbagai alasan.
  2. Pembiayaan penelitian. Ada banyak mahasiswa yang tidak mampu dalam melakukan penelitian karena terhalang dana sehingga mereka akan meminta informasi tempat meminjam uang.
  3. Keuangan yang menipis di akhir bulan. Hal ini adalah masalah klasik yang biasa dialami oleh mahasiswa rantau yang jauh dari orang tua. Di akhir bulan, keuangan akan menipis terutama karena setelah mendapat uang kiriman di awal bulan, mahasiswa akan langsung menggunakannya untuk membeli aneka kebutuhan yang memang diperlukan atau sekedar diinginkan. Hal ini menjadikan mereka menderita di akhir bulan karena keuangan yang makin tipis.
  4. Pembiayaan kursus atau belajar tambahan, di mana hal ini dirasa perlu bagi sebagian mahasiswa yang masih merasa kurang puas dengan hanya sekedar belajar di ruangan kampus saja. Hal ini tentu akan memakan lebih banyak dana sehingga kebutuhan pun meningkat.
  5. Pengeluaran tak terduga yang tak kenal waktu juga bisa membuat mahasiswa membutuhkan dana di saat-saat tertentu. Hal ini akan mendorong mereka mencari tempat pinjam uang selain bank terutama apabila mahasiswa belum memiliki rekening bank sendiri.

Agar bisa mengajukan pinjaman KTA non bank bagi mahasiswa, caranya cukup mudah dan sederhana. Syaratnya kredit tanpa agunan kta tak sesulit ketika mengajukan pinjaman di bank. Yang dibutuhkan ialah usia yang cukup sesuai hukum yang berlaku, nomor rekening guna melakukan pengiriman uang serta penghasilan tetap. Keuntungan dari pengajuan pinjaman bank dan non bank ialah uang yang cepat cair serta langsung ditransfer ke nomor rekening, proses peminjaman yang aman dan transparan, langkah-langkah yang mudah dimengerti serta kondisi yang dapat disesuaikan dengan masing-masing mahasiswa yang menjalankannya.

Baca Juga: Pinjam Uang Tanpa Jaminan Untuk Mahasiswa di Koperasi

Cara mendapatkan pinjaman uang di bank dan non bank bagi mahasiswa juga cukup sederhana. Mahasiswa hanya harus mengajukan proposal yang dilengkapi dokumen pendukung seperti fotokopi KTP dan KK. Selanjutnya, pihak lembaga non bank biasanya akan melakukan survey sebelum mengabulkan atau menolak pengajuan pinjaman dana tersebut. Langkah berikutnya adalah pencairan dana apabila pengajuan pinjaman diterima. Dana yang telah cair akan ditransfer ke rekening bank yang diserahkan saat pengajuan pinjaman. Setelah itu, kita akan memasuki tahapan berikutnya yaitu pelunasan peminjaman dana. Sisihkan sebagian pendapatan per bulan untuk melunasi pinjaman dana yang diterima dari lembaga keuangan tempat kita meminjam dana. Demikian adalah prosedur pinjam uang di bank serta lembaga non bank yang dapat dijalankan oleh mahasiswa.