Pinjaman Uang Untuk Mahasiswa

Pinjaman Uang Untuk Mahasiswa Cepat Cair

Dewasa ini, kebutuhan akan dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari makin naik. Hal ini tak lepas dari tingginya harga kebutuhan pokok. Kebutuhan akan dana turut dirasakan pula oleh mahasiswa. Tidak heran jika sekarang ini banyak orang yang mencari pinjaman uang untuk mahasiswa. Banyak sumber pinjaman uang yang bisa didapatkan, baik di lembaga perbankan maupun non bank. Masing-masing lembaga tentu memiliki persyaratan, kelebihan serta kelemahannya tersendiri. Kita bisa menentukan salah satu tempat yang dirasa sebagai tempat pinjam uang online untuk mahasiswa terbaik. Tentunya penentuan tempat peminjaman uang ini harus dilakukan setelah melalui serangkaian pertimbangan khusus.

Tempat pinjaman duit yang populer dan seringkali jadi opsi pertama ialah bank. Lembaga perbankan memang menawarkan produk pinjaman yang sangat beragam serta sudah dikenal luas oleh masyarakat. Salah satunya adalah Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Sesuai namanya, peminjam tidak perlu memberikan agunan atau jaminan dalam bentuk apapun agar dapat menerima pinjaman dana. Syarat-syarat pengajuan KTA terbilang mudah serta prosesnya juga cukup cepat. Rata-rata bank akan mencairkan dana pinjaman dalam kurun waktu antara satu hingga empat belas hari kerja setelah aplikasi lengkap pengajuan dana diterima. KTA seakan jadi solusi bagi orang-orang yang membutuhkan dana cepat dalam jumlah tertentu.

Selain bank, mahasiswa juga dapat meminjam uang di situs pinjam uang online yang kini sudah mulai marak di internet. Sistem peminjaman uang secara online ini sebenarnya tak jauh beda dengan kredit tanpa jaminan yang bisa didapatkan dari lembaga perbankan. Syarat-syaratnya mudah dan kita tidak perlu memberikam jaminan apapun. Bahkan, situs pinjam dana secara online ini rata-rata hanya mensyaratkan KTP saja. Prosesnya juga cepat dan jumlah dana yang dipinjamkan sangat bervariasi. Pinjaman online ini bisa dipilih oleh mahasiswa karena proses yang cepat serta persyaratannya yang tak terlalu rumit. Selain itu, untuk meminjam uang online juga bisa dilakukan melalui media online saja, tidak perlu mendatangi kantor khusus.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Modal untuk Usaha Kecil?

Namun, pinjaman uang dengan syarat KTP saja 2018 bukan berarti tanpa resiko. Situs peminjaman dana online ini biasanya akan menetapkan bunga yang cukup tinggi. Selain itu, tenor atau jangka waktu peminjamannya juga terbilang pendek. Rata-rata situs peminjaman uang online hanya memberlakukan tenor selama 30 hari saja. Ini tentu bisa jadi masalah kalau mahasiswa tidak sanggup membayar dalam jangka waktu pendek. Untuk itu, pinjaman dana online hanya akan direkomendasikan bagi mereka yang memang membutuhkan dana secara cepat dan dalam keadaan mendesak serta yakin bisa melunasinya dalam kurun waktu singkat. Hal ini sebenarnya tak jauh beda dari program KTA di lembaga perbankan yang rata-ratanya juga menetapkan bunga lebih tinggi dibanding produk pinjaman konvensional.

Lembaga lain yang bisa dipilih mahasiswa sebagai tempat peminjaman uang di antaranya adalah pegadaian serta koperasi. Sistem di pegadaian hampir mirip seperti pinjaman konvensional di lembaga perbankan, di mana peminjam akan menyerahkan barang jaminan dan besaran dana pinjaman yang didapat akan didasarkan pada taksiran harga barang tersebut. Sementara pinjaman di koperasi umumnya akan diperuntukkan bagi anggota tetap koperasi. Mahasiswa juga dapat mencari pekerjaan online untuk mahasiswa sebagai sumber tambahan dana sehingga mereka tak perlu meminjam uang yang dibebani bunga tinggi. Demikian uraian informasi seputar tempat-tempat peminjaman dana yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam memenuhi kebutuhannya.