Serba-serbi Pinjaman Pribadi Bank dan Non Bank

Serba-serbi Pinjaman Pribadi Bank dan Non Bank

Menjadi karyawan bukan satu-satunya jalan untuk mendapat penghasilan. Banyak orang yang membuka usaha sendiri sebagai jalan sukses. Modal usaha bisa didapat dari beragam sumber. Salah satunya dari pinjaman pribadi bank dan non bank.

Mungkin beberapa orang masih sangsi akan pinjaman dana di bank karena bayangan akan besarnya bunga serta jaminan yang harus diserahkan. Padahal, sekarang sudah banyak beredar produk pinjaman tanpa jaminan atau dikenal juga sebagai KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Produk pinjaman inilah yang sering dimanfaatkan orang-orang guna menyelesaikan masalah sumber modal usahanya. Sebelum mengajukan pinjaman dana tanpa agunan, kita simak dulu poin-poin penting di bawah ini.

Saat butuh pinjaman dana bank maupun non bank, lembaga terkait yang menyediakan produk pinjaman dana biasanya akan mensyaratkan adanya jaminan. Namun, tidak demikian dengan produk peminjaman dana tanpa jaminan atau agunan.

Kita bisa tetap mengajukan pinjaman walau tidak menyerahkan barang berharga sebagai jaminan atau agunannya. Umumnya, barang berharga yang menjadi jaminan ini adalah surat-surat atau sertifikat maupun kendaraan bermotor.

Namun dalam pinjaman tanpa jaminan, kita tidak akan dituntut untuk menyerahkan jaminan dalam bentuk apapun. Walau tampaknya sangat menguntungkan, namun ada konsekuensi tersendiri dari pinjaman tanpa jaminan ini. Bunga yang ditetapkan cenderung lebih besar dan tenor atau jangka waktu peminjamannya akan lebih singkat.

Baca Juga: Pinjaman Pribadi Bank dan Non Bank Untuk Mahasiswa

Besaran dana yang bisa dipinjam di pinjaman pribadi non bank tanpa agunan ini juga lebih kecil jika dibandingkan dengan pinjaman konvensional yang mensyaratkan adanya barang jaminan. Nominalnya mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000.

Walau demikian, ternyata ada lembaga pinjaman non bank yang turut menyediakan platform pinjaman lebih besar dari angka tersebut. Hal ini terutama akan memudahkan para pelaku usaha kecil hingga menengah yang hendak melakukan pinjaman dana tunai dengan jumlah sedang hingga besar.

Proses pencairan dana juga lebih cepat, yaitu hanya dalam hitungan hari saja. Asalkan aplikasi pengajuan pinjaman dana telah dilengkapi, maka proses selanjutnya akan semakin mudah.

Syarat-syarat yang berlaku di tempat pinjam uang selain bank ini rata-rata hanya KTP serta slip gaji selama 3 bulan terakhir. Beberapa lembaga online turut mensyaratkan pengisian formulir tertentu.

Sementara suku bunganya bisa dihitung hari, misalkan satu persen per harinya. Suku bunga ini juga akan didasarkan pada jangka waktu peminjaman dana, di mana makin lama waktunya maka akan makin besar pula bunga yang harus dibayarkan.

Syarat lain yang turut diberlakukan dalam pengajuan KTA non bank di antaranya adalah Warga Negara Indonesia, usia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun serta memiliki penghasilan minimal sesuai UMR.

Mengajukan pinjaman bank dan non bank memang harus memperhatikan tiap detail syarat, ketentuan, kelemahan hingga kelebihan yang ada. Termasuk di antaranya adalah besaran bunga, biaya administrasi, biaya keterlambatan pembayaran dan lain-lain.

Tiap biaya tambahan yang dikenakan di luar cicilan bulanan ini harus jadi perhatian khusus. Tanyakan selengkap-lengkapnya pada pihak pemberi pinjaman terkait besaran dana-dana lain yang wajib dibayarkan.

Ingat selalu untuk menyesuaikan jumlah pinjaman dan kebutuhan. Jangan sampai jumlah dana yang dipinjam melebihi kemampuan kita dalam melunasinya nanti. Selain itu, pastikan untuk memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan dalam melakukan pinjaman agar kemungkinan pinjaman dipenuhi akan semakin besar. Perhatikan pula masa jatuh tempo agar kita tidak melewatinya sehingga tidak akan dikenai biaya tambahan.